Jumat, 08 Maret 2013

Wisata Perpustakaan Terunik

Wisata Perpustakaan Terunik - Semua orang tahu bahwa fungsi perpustakaan selain sebagai tempat transfer infromasi juga memiliki fungsi rekreasi. Nah, yang dimaksud perpustakaan sebagai fungsi rekreasi disini maksudnya adalah perpustakaan tidak lepas dari tujuan utama berdirinya perpustakaan, yakni melestarikan budaya umat manusia. Dengan kata lain perpustakaan sebagai fungsi rekreasi memiliki manfaat yang bersifat cultural dimana perpustakaan sebagai tempat yang nyaman dan menyajikan informasi-informasi yang sifatnya menyenangkan, serta sebagai tempat yang menghasilkan kreasi (karya) baru yang berpijak dari karya-karya orang lain yang telah dipublikasikan. Kali ini Library Corner akan memberikan informasi seputar Wisata Perpustakaan terunik di dunia. Berikut informasinya, selamat membaca :) 

1.  Oxford University Bodleian Library   
       
       Oxford University Bodleian Library meruapakan salah satu wisata pepustakaan terunik yang wajib dikunjungi oleh para pecinta sejarah. Menjadi salah satu perpustakaan yang tertua di Eropa, Oxford University Bodleian Library ternyata juga menjadi salah satu lokasi pengambilan film Harry Potter yang membuat perpustakaan ini semakin terkenal.

2 .  Kyoto International Manga Museum (Kyoto, Jepang)
       Kyoto International Manga Museum merupakan Museum Manga yang bangunannya berdiri di bekas Sekolah Dasar Kyoto Tatsuike di distrik kota Nakagyo.  Koleksinya berupa 200 ribu manga terbitan dalam negeri Jepang dan manga terbitan luar Jepang. Selain itu, museum ini juga menyimpan majalah dari zaman Meiji  dan buku bekas milik kios penyewaan buku dari zaman seusai Perang Dunia II, manga populer dari zaman sekarang, dan manga dari berbagai negara di dunia.

tempat fans anime manga ngumpul
Museum ini terdiri dari  zona galeri, zona penelitian, zona penyimpanan koleksi, ruang pameran tetap, dan ruang pameran istimewa. Atraksi utama berupa "Dinding Manga" yang diisi dengan sekitar 50 ribu jilid manga yang diterbitkan mulai tahun 1970-an dalam rak  sepanjang 140 meter Jika kalian para  pecinta buku komik, museum ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Deretan buku komik berbaris rapi di dalam rak buku. Keunikan dari tempat ini, Pengunjung tidak harus membaca di dalam ruangan tapi juga di atas rumput hijau di luar perpustakaan.

 3. British Library (London, Inggris)
       British Library merupakan perpustakaan nasional yang ada di Inggris dan merupakan salah satu perpustakaan terbesar di dunia, perpustakan ini  memiliki 150 juta koleksi, termasuk terdapat tulisan Magna Carta. Perpustakaan ini juga memiliki katalog Tematik Mozart, dan manuskrip tulisan tangan John Lennon dan Paul McCartney.

 4.  Jose Vasconcelos Library (Meksiko)
          Jose Vasconcelos Library merupakan perpustakaan buah karya arsitek terkenal, Alberto Kalach. Perpustakaan ini terlihat unik dengan semua bukuyang  dipajang dengan cara digantung di langit-langit ruangan setinggi lebih dari 5 meter. selain itu di dalam  ruangan bangunan ini juga dipenuhi dengan patung unik buatan para seniman.

5.  Ambrosiana Library & Art Gallery (Milan, Italy)      Di dalam perpustakaan Ambrosiana Library & Art Gallery  berisi dua belas manuskrip Leonardo da Vinci, termasuk Atlanticus Codex, dan 30.000 lebih dari manuskrip ditulis dalam berbagai bahasa. Oleh karena itu Ambrosiana Library & Art Gallery  dikenal sebagai ‘Biblioteca Amrosiana‘ yang berisi Codex Atlanticus, yakni sekumpulan tulisan ilmiah yang punya pengaruh besar dalam dunia kedokteran. Kerennya lagi, dari manuskrip, karya seni, hingga biografi sang seniman yang sudah melegenda ini, dituliskan dalam berbagai bahasa yang berbeda. Selain itu yang membuat perpustakaan ini semakin unik adalah karena perpustakaan ini juga menyimpan berbagai macam masterpiece seniman dan ilmuwan kelas dunia.

6 . State Library of Victoria (Melbourne, Australia)

         Perpustakaan Negara Bagian Victoria atau State Library of Victoria  adalah perpustakaan pusat di negara bagian Victoria, Australia dan terdapat di Melbourne, Victoria. Tepatnya adalah di Swanston St. Dari sekian perpustakaan di dunia perpustakaan ini mungkin bisa dikatakan perpustakaan yang terunik karena tata letak octagonal dimana bentuknya seperti gurita, dengan meja – mejanya yang menyerupai tentakel, dapat menampung pembaca hingga 500 per hari.

7. French National Library


     French National Library  atau perpustakaan Nasional Prancis merupakan perpustakaan yang hampir sama dengan State Library Of Victoria, dimana perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 10 juta keping buku yang juga di cetak dalam berbagai bahasa internasional.


Demikian beberapa informasi tentang wisata perpustakaan terunik, semoga bisa menambah pengetahuan kalian :)

0 komentar:

Posting Komentar

Menulis telah menguatkanku. Please, leave some comment ^_^

About

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More