Kamis, 07 Maret 2013

Mengintip 7 Perpustakaan Terbesar di Dunia

7 Perpustakaan Terbesar di Dunia - Buku merupakan gerbang pengetahuan. Karena dengan membaca buku kita bisa menjadi tahu mengenai banyak hal. Berbicara tentang buku pasti tidak terlepas dengan perpustakaan. Perpustakaan merupakan tempat transfer informasi yang memiliki lima fungsi yakni fungsi pendidikan, fungsi informasi, fungsi penelitian, fungsi pelestarian dan fungsi rekreasi. Nah, Library Corner kali ini akan membahas tentang beberapa Perpustakaan terbesar di dunia. Berikut informasinya :

  1. Library of Congress
         Library  Congress ini terletak di Kota Washington DC, America Serikat. Library Congress ini berdiri sejak tahun 1800an. Di perpustakaan ini memiliki koleksi bahan pustaka 61 juta manusekrip dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat  dan Kitab Gutenberg. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan lebih dari 1 juta judul terbitan  Amerika Serikat, 1 juta terbitan surat kabar  dari seluruh dunia selama 3 abad terakhir, 33.000 volume surat kabar yang dijilid, 500.000 gulung mikrofil, lebih dari 6.000 judul bukukomik, dan koleksi literatur hukum terbesar di dunia. Koleksi bahan nonbuku terdiri dari film, 4,8 juta judul peta,lembar musik, 2,7 juta judul rekaman suara, lebih dari 13,7 juta lembar foto (termasuk gambar arsitektur), serta biola Betts Stradivarius dan Cassavetti Stradivarius.
http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/02/04/5153352_20130204051730.jpg

     2 .   National Library Of China
          Selain menjadi perpustakaan terbesar di Asia, National Library of China juga merupakan salah satu perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan  terletak di Kota Beijing, China dan  berdiri pada tahun 1909. Library of Congress memiliki koleksi lebih dari 26,7 juta koleksi yang terdiri dari koleksi tulisan dan dokumentasinya pun sangat beragam dan kaya akan ilmu pengetahuan, terutama mengenai sejarah bangsa China dll.


National Library of China 2 7 Perpustakaan Terbesar di Dunia

    3 . Library Of The Russian Academy Sciences     
         Library Of The Russian Academy Sciences ini terletak di St Petersburg, Rusia. Perpustakaan ini berdiri pada tahun 1714.  Library Of The Russian Academy Sciences memiliki lebih dari 20 juta koleksi
yang meliputi ilmu pengetahuan sosial dan humaniora, mulai dari arkeologi, ekonomi, sejarah hukum, bahasa, catatan kritis, filsafat, ilmu politik, agama dan lainnya. Perpustakaan Rusia yang satu ini rajin sekali menerbitkan katalog yang berisikan prolog dan abstrak dari artikel, jurnal, buku, manuskrip dan desertasi yang diterbitkan secara resmi di Rusia, ke berbagai negara di Eropa  terutama wilaya bekas Uni Soviet.



 4 . National Library Of Canada
     National Library Of Canada berlokasi di Kota Ottawa, Kanada. Perpustakaan ini berdiri pada tahun 1953.  Perpustakaan yang berada di kawasan utara benua Amerika, memiliki lebih dari 10 juta koleksi buku dan dokumentasi.  Perpustakaan  ini  juga memiliki khas tersendiri yakni mempunyai dokumentasi dan publikasi mengenai seluk beluk musik Kanada yang sangat lengkap. Bahkan tidak berupa dokumentasi tulisan, koleksi berupa rekaman audio-video yang dikemas ke dalam bentuk cd, kaset, lengkap dengan partitur dan keterangan mengenai musisinya.












    5 . German National Library
        German National Library ini terletak di Kota Frankfurt, Jerman. Perpustakaan ini merupakan tempat yang vital bagi pemerintahan Negara  Jerman. karena berkaca dari sejarah berdirinya Negara Jerman, Perpustakaan Nasional yang diresmikan pada 1912 ini tentunya menyimpan berbagai bukti arsip, dokumentasi, publikasi penting mengenai kondisi Jerman di masa lalu. Selain buku-buku berbahasa Jerman, Perpustakaan Nasional Jerman pun memiliki koleksi buku-buku luar negeri yang dterjemahkan ke dalam bahasa Jerman.

 

  6 . British Library
       British Library ini meruapakan salah satu bangunan tertua di London. Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1753. Dengan memiliki lebih dari 16 juta koleksi bahan pustaka dari berbagai literatur. Sebagai perpustakaan simpanan hukum nasional resmi, Perpustakaan Britania menerima salinan dari semua buku yang diproduksi di Britania Raya dan Irlandia, termasuk proporsi yang signifikan dari buku-buku asing yang didistribusikan di Britania Raya. Perpustakaan ini juga memiliki program untuk mengakuisisi koleksi konten. Perpustakaan Britania ini juga  menambahkan sekitar tiga juta item setiap tahunnya Item-item ini menempati lokasi dengan panjang sekitar 9,6 kilometer (6,0 mil) dari ruang pajang perpustakaan.



   7 .  Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences
        Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences berada di Moscow, Rusia yang berdiri pada tahun 1969. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 13 juta koleksi bahan pustaka.

0 komentar:

Posting Komentar

Menulis telah menguatkanku. Please, leave some comment ^_^

About

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More